BERITA  

Selamat ! Jadi yang Pertama di Indonesia, Komoditas Tangkit Baru Terima Sertifikat Indikasi Geografis

Redaksi
banner 468x60

Loading

detektornews.com, Jambi – Pemerintah Provinsi Jambi menyerahkan Sertifikat Indikasi Geografis untuk Komoditas Nanas yang terletak di Agrowisata Desa Tangkit Baru, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Kamis (16/05/2024).

Penyerahan Sertifikat Indikasi Geografis untuk Komoditas Nanas ini merupakan yang pertama di Indonesia, dengan Nomor Registrasi ID G 000000137. Sebelumnya, Provinsi Jambi telah memiliki beberapa Sertifikat Indikasi Geografis seperti Kopi Robusta Jangkat Merangin, Kopi Arabika dan Kayu Manis Kerinci, serta Kopi Liberika Tungkal.

Dalam sambutan dan arahannya, Gubernur Jambi Al Haris mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jambi kedepan akan membangun Graha UMKM dan Ekonomi Kreatif. “UMKM ini harus memiliki galeri dan promosi tersendiri, kedepan kita akan bangun graha UMKM, nantinya sebagai tempat produksi, tempat belajar, sekaligus pemasaran produk,” ujar Gubernur AL Haris.

Menurut orang nomor satu di Provinsi Jambi tersebut penyerahan Sertifikas Indikasi Geografis ini memberikan kepastian hukum dan juga kepastian terhadap keaslian produk. “Sertifikat ini menjadi dasar hukum yang kuat bagi Komoditas Nanas Tangkit Baru, ini juga merupakan upaya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, dan juga sebagai daya tarik wisata produk lokal,” kata Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris juga menyampaikan bahwa kedepannya Pemerintah Provinsi Jambi akan membuat program replanting untuk mendukung Komoditas Duku Kumpeh. “Kita punya kualitas duku yang baik, saya juga akan meminta kepada Kadis Pertanian Provinsi untuk membuat bibit baru dari duku kumpeh itu sendiri, kita bikin gerakan penanaman bersama sebagai salah satu program replanting,” pungkas Gubernur Al Haris.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muaro Jambi, Budhi Hartono, M.T mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jambi yang telah memperjuangkan komoditas nanas Tangkit Baru. “Alhamdulillah, penantian kita selama 10 tahun menuai hasil yang baik. Indikasi Geografis ini berhasil didapatkan pada masa kepemimpinan Bapak Gubernur Al Haris, semoga ini menjadi langkah awal kita bersama. Semoga Bapak Gubernur dalam keadaan sehat, dan juga dapat mewujudkan program-program Jambi Mantap kedepannya,” ucap Sekda Muaro Jambi itu.

Sebelumnya, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Jambi Ir. Hj. Sri Argunaini, M.Si., menuturkan, komoditas Nanas Provinsi Jambi merupakan komoditas unggulan. “Nanas Tangkit Baru ini memiliki ciri khas dan kualitas yang sangat tinggi, tentunya ini semakin menambah nilai ekonomi dan meningkatkan daya saing produk,” tutur Sri Argunaini. (*).