BERITA  

Hadiri Tasyakuran GP Anshor, Abdullah Sani : Pemuda Adalah Aset Bangsa yang tak Ternilai

Redaksi
banner 468x60

Loading

detektornews.com – Jambi – Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I berharap Gerakan Pemuda (GP) Ansor dapat memperkuat sinergitas dengan pemerintah daerah untuk keberlangsungan pembangunan Provinsi Jambi. Harapan tersebut disampaikan Wagub pada acara Tasyakuran Hari Lahir 90 Gerakan Pemuda Ansor, bertempat di Sekretariat Pengurus Wilayah (PW) GP Ansor Provinsi Jambi Telanaipura, Kota Jambi, Rabu (24/04/2024) malam.

“Saya berharap GP Ansor dapat terus memperkuat sinergi bersama dengan pemerintah daerah yang tidak hanya sebagai penghubung/fasilitator pemerintah dengan masyarakat, baik dalam pemberdayaan masyarakat dalam bidang pendidikan, sosial, agama dan budaya, namun juga mampu sebagai stabilitator dan dinamisator dalam proses pembangunan daerah dan nasional. Selain itu, saya juga meyakini bahwa GP Ansor sebagai kader masa depan yang akan memegang tampuk kepemimpinan umat nantinya,” ujar Wagub Sani.
Dalam sambutan dan arahannya Wagub Sani mengatakan bahwa pemuda adalah aset bangsa yang tidak ternilai harganya. Pemuda menjadi agen perubahan terhadap kemajuan suatu bangsa dan negara yang tidak diragukan lagi perannya. Karena pemuda bukan hanya sekedar harapan regenerasi, akan tetapi merupakan bibit-bibit yang akan meneruskan sebuah peradaban. Sumpah Pemuda merupakan bukti hasil yang brilian bahwa pemuda mampu bergerak dan berjuang dalam menyatukan bangsa.
“Begitu pula dengan Gerakan Pemuda Ansor yang memiliki arti penting bagi Indonesia termasuk Provinsi Jambi, yang hadir, bersatu dan berjuang demi terwujudnya masyarakat Indonesia yang demokratis, adil, makmur dan sejahtera berdasarkan ajaran Islam Ahlussunnah Waljama’ah,” kata Wagub Sani.
Kemudian Wagub Sani menuturkan, 90 tahun bukanlah waktu yang singkat. Sebagai organisasi besar yang menaungi pemuda Islam, GP Ansor tidak luput dari pasang surut karena berbagai tugas dan tantangan yang harus dihadapinya. Di usia ini, GP Ansor mampu membuktikan perjalanan panjang yang ditempuh, sebagai organisasi kepemudaan, kemasyarakatan, kebangsaan dan keagamaan, dan sebagai organisasi yang tangguh, dengan anggota-anggotanya yang solid.

“Semoga kedepannya jiwa solidaritas dan ketangguhan akan terus mengkristal dihati masing-masing anggota, sehingga dapat membentuk sistem regenerasi yang kuat, yang dapat membawa keutuhan GP Ansor di tahun-tahun berikutnya. Kemudian GP Ansor ini kita harapkan dapat menjadi organisasi yang kuat, maka fondasi istiqomah, solidaritas, soliditas, kekompakan, persaudaraan dan kemampuan bermusyawarah, dan bekerja sama seluruh pengurus dan anggota harus terus ditingkatkan demi kemajuan bersama, sehingga akan lahirnya kader-kader berkualitas yang berakhlak mulia,” tutur Wagub Sani.

Wagub Sani mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan daya saing pemuda-pemudi Provinsi Jambi melalui program-program pembangunan diberbagai sektor baik pendidikan, budaya dan kewirausahaan, dan sebagainya. “Dalam Program Dumisake Pilar Jambi Tangguh, Pemerintah Provinsi Jambi memberikan Bantuan Modal Kerja bagi UMKM/Industri Rumah Tangga, termasuk didalamnya UMKM Millenial, Usaha Kreatif Mak-mak, dan UMKM Pemula. Hal ini diharapkan turut menumbuhkan minat pemuda-pemudi Provinsi Jambi untuk berwirausaha, yang selanjutnya ditujukan untuk menumbuhkan kemandirian ekonomi serta membuka lapangan kerja, yang berarti turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daerah,” ungkap Wagub Sani.
Dalam kesempatan tersebut Wagub Sani juga menyampaikan ucapan sukses dan selamat atas hari lahir ke-90 GP Ansor. “Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi, saya mengucapkan selamat melaksanakan Tasyakuran Hari Lahir ke-90 Gerakan Pemuda Ansor. Dengan semangat perayaan ini, teruslah berkarya, berinovasi dengan semangat pembaharuan dalam membangun tanah air. Mari kita bersama-sama membangun pemuda-pemudi Indonesia umumnya dan Provinsi Jambi khususnya, agar menjadi generasi yang tangguh, pantang menyerah, sehingga berdaya saing dengan negara-negara lain,” tutup Wagub Sani.
Sebelumnya, Sekretaris Wilayah PW GP Ansor Provinsi Jambi Sahabat Habibi melaporkan bahwa jumlah kader GP Ansor dari periode bulan Juli 2022 sampai dengan bulan Desember 2023 telah berhasil mengkaderkan sebanyak 3.262 orang di seluruh Provinsi Jambi.

Sahabat Habibi juga menyampaikan pesan untuk seluruh kader GP Ansor Jambi untuk terus menjaga dan merawat loyalitasnya terhadap organisasi GP Ansor tanpa mengenal tempat dan waktu.
Turut hadir dalam acara ini Staf ahli Gubernur Jambi, Plt. Kepala Biro Organisasi, Anggota DPRD Provinsi Jambi Juwanda, S.Pd.I, serta para senior dan tokoh GP Ansor Provinsi Jambi. (*)